17.16
0
   Bahasan selanjutnya mengenai pesawat sederhana yaitu katrol. Tahukah sobat apa itu katrol? Mungkin mari kita toleh kehidupan sehari-hari kita apakah pernah ya kita menggunakan katrol? seberapa sering, atau bahkan tidak sama sekali. Pernahkah kalian menimba air di sumur? Pertanyaannya bukan mengenai dalam atau dangkalnya sumur itu, melainkan Mengapa ketika kita menimba air di dalam sumur yang dalam dengan menggunakan katrol akan terasa lebih ringan? Jawabannya satu kawan, yaitu karena katrol merupakan pesawat sederhana yang mampu meringankan usaha yang kita lakukan.
   Katrol adalah pesawat sederhana berputar yang digunakan untuk meringankan mengangkut atau menarik benda karena dapat mengubah arah gaya angkat ke atas pada benda menjadi gaya tarik ke bawah. Katrol dibedakan menjadi katrol tetap, katrol bergerak, dan takal.
A. Katrol Tetap
   Katrol tetap ini sering digunakan untuk memudahkan dalam menimba air di sumur sobat,.  Katrol tetap merupakan katrol yang porosnya diletakkan pada tempat yang tetap. Prinsip kerja katrol tetap adalah besarnya gaya kuasa sama dengan berat beban, sedangkan lengan kuasa sama dengan lengan beban.Dengan demikian, keuntungan katrol ini adalah untuk mengubah arah gaya, yakni gaya angkat searah gaya berat orang yang mengangkat. Keuntungan mekanis katrol ini sama dengan 1.

gambar 1 (katrol tetap)

B. Katrol Bebas

    Katrol bebas merupakan katrol yang dapat bergerak bebas ketika digunakan. Katrol bergerak ini memiliki keuntungan mekanis sama dengan 2. Artinya untuk mengangkat beban dengan beban seberat F Newton hanya diperlukan gaya setengah F Newton.


Gambar2 ( Katrol bergerak atau bebas)

C. Katrol Takal (Majemuk)
    Katrol takal merupakan katrol yang tersusun atas katrol tetap dan katrol bergerak. Katrol takal dapat menggunakan dua katrol dimana satu sebagai ketrol tetap dipasang diatas dan satu lagi sebagai katrol bergerak. Keuntungan mekanis dari katrol ini bergantung dari beberapa banyak katrol yang digunakan.


gambar 3 (katrol takal)




Sumber:
@ Katrol

0 komentar:

Posting Komentar